PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BERBASIS MIND MAPPING KELAS IV SEKOLAH DASAR

Indah, Piska Suherman and Ira, Rahmayuni Jusar and Rieke, Alyusfitri (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BERBASIS MIND MAPPING KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
11. INDAH 1610013411061 COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
11. INDAH 1610013411061 ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
11. INDAH 1610013411061 BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
11. INDAH 1610013411061 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
11. INDAH 1610013411061 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
11. INDAH 1610013411061 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
11. INDAH 1610013411061 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
11. INDAH 1610013411061 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Matematika berbasis mind mapping pada materi keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV di SD Negeri 16 Pagambiran yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modifikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap validasi dikarenakan dalam keadaan pandemi covid 19 sehingga menghambat penelitian yang membuat tahap praktikalitas tidak terlaksana di SDN 16 Pagambiran dengan baik. Validator terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator desain dan 1 orang dosen validator bahasa. Instrumen penelitian yang digunakan lembar validasi. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari validasi bahasa memperoleh penilaian sebesar 100%, validasi desain memperoleh penilaian sebesar 88,2%, dan validasi materi memperoleh penilaian sebesar 93,7%. Dengan demikian, dapat dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran Matematika berbasis mind mapping memperoleh penilaian sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis mind mapping yang dihasilkan sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran Matematika dikelas IV SD. Kata kunci : pengembangan modul, mind mapping, matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:57
Last Modified: 14 Dec 2020 02:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2106

Actions (login required)

View Item View Item