Indah, Piska Suherman and Ira, Rahmayuni Jusar and Rieke, Alyusfitri (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BERBASIS MIND MAPPING KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
11. INDAH 1610013411061 COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
11. INDAH 1610013411061 ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
|
Text
11. INDAH 1610013411061 BAB I.pdf Download (127kB) |
|
Text
11. INDAH 1610013411061 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text
11. INDAH 1610013411061 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
11. INDAH 1610013411061 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
|
Text
11. INDAH 1610013411061 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
|
Text
11. INDAH 1610013411061 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Matematika berbasis mind mapping pada materi keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV di SD Negeri 16 Pagambiran yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modifikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap validasi dikarenakan dalam keadaan pandemi covid 19 sehingga menghambat penelitian yang membuat tahap praktikalitas tidak terlaksana di SDN 16 Pagambiran dengan baik. Validator terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator desain dan 1 orang dosen validator bahasa. Instrumen penelitian yang digunakan lembar validasi. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari validasi bahasa memperoleh penilaian sebesar 100%, validasi desain memperoleh penilaian sebesar 88,2%, dan validasi materi memperoleh penilaian sebesar 93,7%. Dengan demikian, dapat dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran Matematika berbasis mind mapping memperoleh penilaian sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis mind mapping yang dihasilkan sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran Matematika dikelas IV SD. Kata kunci : pengembangan modul, mind mapping, matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 02:57 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 02:57 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2106 |
Actions (login required)
View Item |