PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 CITA-CITAKU KELAS IV SDN KAMPUNG OLO KOTA MADYA PADANG

Feby, Kharisna and Gusmaweti, Gusmaweti and Syafni, Gustina Sari (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 CITA-CITAKU KELAS IV SDN KAMPUNG OLO KOTA MADYA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
12. FEBY 1610013411123 Cover.pdf

Download (94kB)
[img] Text
12. FEBY 1610013411123 Abstrak.pdf

Download (165kB)
[img] Text
12. FEBY 1610013411123 BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
12. FEBY 1610013411123 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
12. FEBY 1610013411123 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
12. FEBY 1610013411123 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
12. FEBY 1610013411123 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
12. FEBY 1610013411123 Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap motivasi belajar pada tema 6 cita-citaku dengan menerapkan model pembelajaran scramble. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan bentuk quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Contol Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 04 Kampung Olo Padang. Populasi penelitan yaitu siswa kelas IV SDN 04 Kampung Olo Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebanyak 28 orang dan kelas IV B sebanyak 26 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan “Sampling Jenuh”. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan skor rata-rata angket akhir skala motivasi belajar dengan bantuan microsoft exel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata angket akhir kelas eksperimen yaitu 92, sedangkan kelas kontrol yaitu 87,22. Hasil analisis pada taraf α = 0,05 menunjukkan bahwa nilai hasil t-hitung = 4,415 dan t-tabel = 2,006. Sehingga didapatkan t-hitung > t-tabel yang berarti H 1 diterima dan H ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 04 Kampung Olo Padang, dengan demikian hendaknya guru dapat menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Scramble, karena dengan model pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Scramble, Motivasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:01
Last Modified: 14 Dec 2020 03:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2107

Actions (login required)

View Item View Item