PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2021-2023)

Anthoni, Febia Garcia and Rahmi, Siti (2024) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2021-2023). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover & BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II - IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img] Text
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Financial distress adalah kondisi dimana perusahaan mengalami penurunan kondisi keuangan yang merupakan awal sebelum terjadinya kebangkrutan. Masalah financial distress dapat dilihat dari kondisi laba perusahaan yang turun secara terus menerus atau bahkan memiliki laba negatif selama beberapa tahun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, dan arus kas operasi terhadap financial distress. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2021-2023 sebanyak 108 perusahaan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 71 perusahaan dengan teknik pengambilan purposive sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode uji analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, likuiditas, dan leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap financial distress. Sedangkan arus kas operasi tidak memiliki pengaruh terhadap financial distress. Kata Kunci: Financial Distress, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Arus Kas Operasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:19
Last Modified: 29 Aug 2024 01:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21099

Actions (login required)

View Item View Item