PENGARUH MANAJEMEN PERSEDIAAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR HEALTHCARE YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN (2018-2022)

Filtri, Bungsu and Fauziati, Popi (2024) PENGARUH MANAJEMEN PERSEDIAAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR HEALTHCARE YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN (2018-2022). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover-Bab 1_Bungsu Filtri .pdf

Download (775kB)
[img] Text
Bab 5- Daftar Pustaka_Bungsu Filtri .pdf

Download (169kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI_BUNGSU FILTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada umumnya laba yang dihasilkan pada laporan keuangan perusahaan dapat digunakan sebagai indikator untuk menilai kinerja pihak manajemen dalam mengelola kekayaan perusahaan. Beberapa pihak memandang tindakan manajemen laba dari dua sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang praktisi memandang tindakan manajemen laba ini sebagai kecurangan. Sedangkan dari sudut pandang akademis memandang manajemen laba sebagai kebebasan manajer perusahaan untuk menentukan kebijakan akuntansi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemen persediaan, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor healthcare yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Penelitian ini merupakan dengan metode pengumpulan data yang menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor healthcare yang terdaftar dibursa efek indonesia. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Sampel perusahaan berjumlah 17 perusahaan, sehingga data penelitian yang diuji berjumlah 85. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen persediaan berpengaruh terhadap manajemen laba, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba, dan leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kata kunci : Manajemen Laba, Manajemen Persediaan, Ukuran Perusahaan, Leverage

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:58
Last Modified: 02 Sep 2024 01:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21217

Actions (login required)

View Item View Item