PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA BISNIS: PERAN KAPABILITAS INOVASI ORGANISASI SEBAGAI MEDIASI

Deni, Dian Fitri and Fivi, Anggraini (2024) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA BISNIS: PERAN KAPABILITAS INOVASI ORGANISASI SEBAGAI MEDIASI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover dan Pendahuluan.pdf

Download (878kB)
[img] Text
Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (459kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi teknologi terhadap kinerja bisnis UKM dengan kapabilitas inovasi organisasi sebagai variabel mediasi. Objek penelitian ini adalah UKM di Sumatera Barat dengan jumlah responden sebanyak 196 yang di pilih secara acak. Data dikumpulkan melalui survei dan dianalisis menggunakan Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan orientasi teknologi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja bisnis UKM. Selain itu, kapabilitas inovasi organisasi terbukti memediasi hubungan antara orientasi kewirausahaan dan orientasi teknologi dengan kinerja bisnis. Temuan ini menegaskan pentingnya orientasi kewirausahaan dan teknologi serta kapabilitas inovasi dalam meningkatkan kinerja bisnis UKM. Implikasi praktis dari penelitian ini memberikan panduan bagi para pemangku kepentingan untuk merumuskan strategi yang efektif dalam meningkatkan kinerja bisnis UKM melalui penguatan orientasi kewirausahaan, teknologi, dan kapabilitas inovasi organisasi. Kata kunci: kapabilitas inovasi organisasi, orientasi kewirausahaan, orientasi teknologi, kinerja bisnis UKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:41
Last Modified: 02 Sep 2024 02:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21261

Actions (login required)

View Item View Item