PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) (IMPLEMENTASI SDGs NO.12)

Nenis, Ananta and Daniati, Puttri (2024) PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) (IMPLEMENTASI SDGs NO.12). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi dan BAB Pendahuluan.pdf

Download (678kB)
[img] Text
Kesimpulan, Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh karakteristik komite audit yang terdiri dari ukuran komite audit, frekuensi rapat komite audit, komite audit dengan keahlian keuangan dan keberadaan wanita di komite audit terhadap pengungkapan sustainable development goals (SDGs) dengan menggunakan dua variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan dan profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor basic material yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2023. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah observasi yang diperoleh sebanyak 165 data bersumber dari 55 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari annual report dan sustainability report yang bersumber dari website resmi Bursa Efek Indonesia dan website resmi perusahaan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran komite audit, frekuensi rapat komite audit, komite audit dengan keahlian keuangan berpengaruh positif terhadap pengungkapan SDGs, sedangkan keberadaan wanita di komite audit berpengaruh negatif terhadap pengungkapan SDGs. Variabel kontrol ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan SDGs, sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan SDGs. Kata Kunci: Pengungkapan sustainable development goals (SDGs), karakteristik komite audit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:50
Last Modified: 02 Sep 2024 02:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21277

Actions (login required)

View Item View Item