PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PINTAR PADA MATERI PENJUMLAHAN SUBTEMA GEMAR BEROLAHRAGA PADA KELAS I SDN 52 PARUPUK TABING

Citra, Leffega and Zulfa, Amrina and Syafni, Gustina Sari (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PINTAR PADA MATERI PENJUMLAHAN SUBTEMA GEMAR BEROLAHRAGA PADA KELAS I SDN 52 PARUPUK TABING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
23. CITRA 1610013411006 cover.pdf

Download (203kB)
[img] Text
23. CITRA 1610013411006 ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
23. CITRA 1610013411006 BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
23. CITRA 1610013411006 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
23. CITRA 1610013411006 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
23. CITRA 1610013411006 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
23. CITRA 1610013411006 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
23. CITRA 1610013411006 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran POPIN (Pohon pintar) pada Materi Penjumlahan Subtema Gemar Berolahraga Pada Kelas I SDN 52 Parupuk Tabing memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitin ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminatetetapi pada penelitian ini hanya sampai tahap develop(pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan materi penjumlahan. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, media divalidasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Pada proses praktikalitas, media diujicobakan kepada 21 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran Pohon Pintar pada materi penjumlahan subtema gemar berolahraga pada kelas I SD pada validasi materi memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 91%, dan memenuhi kriteria valid dengan persentase 85,5% pada validasi media. Media Pohon Pintaryang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh guru dengan rata-rata persentase 86,6% dan dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan persentase 95,4%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pohon Pintar pada materi penjumlahan subtema gemar berolahraga pada kelas I SD valid dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran matematika, pohon pintar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 15 Dec 2020 06:53
Last Modified: 15 Dec 2020 06:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2157

Actions (login required)

View Item View Item