PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV Di SD N 24 PARUPUK TABING PADANG

Widya, Mei Fitri and Yusrizal, Yusrizal and Darwianis, Darwianis (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV Di SD N 24 PARUPUK TABING PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
25. WIDYA 1610013411112 Cover.pdf

Download (92kB)
[img] Text
25. WIDYA 1610013411112 Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
25. WIDYA 1610013411112 BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
25. WIDYA 1610013411112 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
25. WIDYA 1610013411112 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
25. WIDYA 1610013411112 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
25. WIDYA 1610013411112 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
25. WIDYA 1610013411112 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar PKn Siswa kelas IV di SD N 24 Parupuk Tabing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV, kelas IVA berjumlah 21 siswa dan kelas IVB berjumlah 26 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran think pair share memiliki rata-rata tes akhir 81 sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata tes akhir 78. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 0,8025 > ttabel = -2,0159 dengan taraf nyata 0,05. Berarti H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV di SD N 24 Parupuk Tabing Padang. Kata Kunci : think pair share, hasil belajar, PKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 15 Dec 2020 07:03
Last Modified: 15 Dec 2020 07:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2162

Actions (login required)

View Item View Item