IMPLEMENTASI PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PELAKU USAHA DALAM PERATURAN DAERAH KOTA SOLOK NOMOR 1 TAHUN 2023 TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK

Selvia, Selvia and Dr. Sanidjar Pebrihariati. R., S.H., M.H, Sanidjar (2024) IMPLEMENTASI PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PELAKU USAHA DALAM PERATURAN DAERAH KOTA SOLOK NOMOR 1 TAHUN 2023 TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER SKRIPSI SELVIA.pdf

Download (532kB)
[img] Text
II. SKRIPSI SELVIA.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Skripsi Selvia full .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peraturan Daerah Kota Solok Nomor 1 Tahun 2023 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elekronik (SPBE) menyatakan Partisipasi Masyarakat dan Pelaku Usaha di Kota Solok diharapkan dapat meningkatkan dan membantu pemerintah dalam pembangunan dan ekonomi yang iklusif, berkelanjutan dan berkeadilan. Rumusan masalah: 1) Bagaimana Implementasi Partisipasi Masyarakat dan pelaku usaha dalam Peraturan Daerah Kota Solok Nomor 1 Tahun 2023 tentang SPBE di Kota Solok? 2) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi Pemerintah Kota Solok dalam menerapkan Partisipasi masyarakat serta pelaku usaha dalam SPBE di Kota Solok? 3) Apa saja upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Solok dalam menerapkan SPBE di Kota Solok? Jenis penelitian yang dilakukan adalah Yuridis Sosiologis, sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen dan dianalisa secara analisis kualitatif. Hasil penelitian: 1) Implementasi partisipasi masyarakat dan pelaku usaha belum terlaksana dengan baik dikarenakan kurangnya pemahaman dan keterlibatan aktif masyarakat dan pelaku usaha dalam penggunaan layanan pemerintah secara digital. 2) Kendala-kendala yang dihadapi seperti kurangnya tenaga kerja dalam pembuatan program dan umpan balik dari masyarakat terkait pelayanan yang diberikan. 3) Upaya-upaya yang dilakukan seperti melakukan sosialisasi, monitoring dan evaluasi berkelanjutan kepada masyarakat Kota Solok untuk dapat berpartisipasi dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:40
Last Modified: 04 Sep 2024 02:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21644

Actions (login required)

View Item View Item