ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESADARAN PEKERJA DALAM MENGGUNAKAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Kuliah dan Labor Jurusan PKK Fakultas Pariwisata dan Labor Universitas Negeri Padang)

Aditya, Dika Fadilah and Riki, Adriadi (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESADARAN PEKERJA DALAM MENGGUNAKAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Kuliah dan Labor Jurusan PKK Fakultas Pariwisata dan Labor Universitas Negeri Padang). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Pendahuluan Aditya Dika Fadilah 19-156.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka Aditya Dika Fadilah 19-156.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tugas Akhir Aditya Dika Fadilah 19-156 Final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran pekerja dalam menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) di Proyek Pembangunan Gedung Kuliah dan Labor Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, yang melibatkan partisipasi dari pekerja konstruksi proyek. Sampel berjumlah 39 responden dan dianalisis menggunakan skala Likert dan Analisis Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran pekerja dalam menggunakan alat pelindung diri pada Proyek Pembangunan Gedung Kuliah dan Labor PKK Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang memiliki faktor dominan yaitu aspek pengawasan dengan skor rata-rata 4,21 dan TCR 84,21% yang merupakan indikator tertinggi di antara semua variabel yang diukur. Ini menunjukkan bahwa pengawasan adalah faktor yang paling efektif dan diikuti dalam mendukung kepatuhan terhadap prosedur keselamatan di tempat kerja. Lalu selanjutnya faktor terendah adalah Aspek Pelatihan APD mean sebesar 3,83 dan TCR 76,67% % menandakan adanya kebutuhan untuk meningkatkan efektivitas pelatihan APD agar lebih banyak pekerja dapat memahami dan mematuhi penggunaan APD secara benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:10
Last Modified: 04 Sep 2024 07:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21648

Actions (login required)

View Item View Item