PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KELAS IV SD NEGERI 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG

Nurul, Farzia and Romi, Isnanda (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KELAS IV SD NEGERI 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1 COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
FILE 2 BAB 1 - BAB 4.pdf

Download (305kB)
[img] Text
FILE 3 BAB 3 - BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
FILE 4 BAB 4 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
FILE 5 SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan hasil belajar menulis deskripsi dengan menggunakan model pembejaran picture and picture di kelas IV SD Negeri 32 Bungo Pasang Kota Padang dan menjelaskan peningkatan hasil belajar menulis deskripsi dengan menggunakan model picture and picture di kelas IV SD Negeri 32 Bungo Pasang Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 32 Bungo Pasang Kota Padang dengan jumlah peserta didik 26 orang, yang terdiri dari 13 orang laki-laki 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan dalam satu siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan guru dalam mengelola kelas juga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata persentase siklus I 68 adalah 75%, sehingga pada siklus I kegiatan guru dalam mengelola pembelajaran dikatakan baik. Sedangkan pada siklus II rata-rata persentase mencapai 90%, sehingga kegiatan guru dalam mengelola pembelajaran juga meningkat dan sudah dikatakan sangat baik. Selanjutnya hasil belajar siswa pada siklus I terdapat rata-rata 75,07 sedangkan pada siklus II terjadi penigkatan yaitu 80,76. Peningkatan ini menunjukan hasil belajar menulis siswa pada siklus II meningkat sebesar 20%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture ini dalam kemampuan menulis dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di S SDN 32 Bungo Pasang Kota Padang. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model picture and picture dapat meningkatkan aspek-aspek belajar lainnya. Kata kunci: Kemampuan Menulis, Bahasa Indonesia, Picture And Picture

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:34
Last Modified: 04 Sep 2024 02:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21651

Actions (login required)

View Item View Item