PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASICOOPERATIVE SCRIPT UNTUK SISWA KELAS IV SD

Siti, Ravi’ah and Pebriyenni, Pebriyenni and Yulfia, Nora (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASICOOPERATIVE SCRIPT UNTUK SISWA KELAS IV SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
27. SITI 1610013411018 cover.pdf

Download (131kB)
[img] Text
27. SITI 1610013411018 abstrak.pdf

Download (113kB)
[img] Text
27. SITI 1610013411018 BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
27. SITI 1610013411018 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
27. SITI 1610013411018 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
27. SITI 1610013411018 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
27. SITI 1610013411018 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img] Text
27. SITI 1610013411018 daftar pustaka.pdf

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPS berbasis Cooperative Script untuk siswa kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah Research and development (penelitian dan pengembangan). Modul pembelajran IPS Berbasis Cooperative Script ini dikembangkan dengan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3D. penelitian dilakukan pada semester ganjil pada tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validitas dan praktikalitas. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh tiga orang ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Setelah divalidasi modul diujicobakan. Berdasarkan analisis validitas modul dari tigas aspek validitas (aspek materi, bahasa dan desain) diproleh rata-ratanya sebesar 92,60%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 92,77%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siwa dengan rata-rata persentase keprakisan 91,99%. Bagi guru kelas IV SD, berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas yang telah dilakukan, modul pembelajaran IPS berbasis Cooperative Script pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku untuk kelas IV SD yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk mengajarkan materi Daerah Tempat Tinggalku. Kata kunci: Cooperative Script, valid dan praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 15 Dec 2020 07:11
Last Modified: 15 Dec 2020 07:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2170

Actions (login required)

View Item View Item