QUANTITY TAKE-OFF PEKERJAAN STRUKTUR BERBASIS BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) MENGGUNAKAN SOFTWARE TEKLA STRUCTURES (Studi Kasus : Proyek Hotel Gading Homestay Yogyakarta).

Dzakwan, Naufarrel Hafizh and Ayu, Embun Sari (2024) QUANTITY TAKE-OFF PEKERJAAN STRUKTUR BERBASIS BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) MENGGUNAKAN SOFTWARE TEKLA STRUCTURES (Studi Kasus : Proyek Hotel Gading Homestay Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi dan BAB Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan, Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (682kB)
[img] Text
FullTeks Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Perencanaan, analisis, dan pemodelan bangunan, serta pelaksanaan dan pemeliharaan adalah semua aspek penting dari teknologi Building Information Modeling (BIM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemodelan struktur dan perhitungan Quantity Take-Off yang dilakukan menggunakan teknologi Building Information Modeling (BIM). Dalam penyusunan Rencana anggaran biaya (RAB) secara konvensional, diperlukannya volume pekerjaan yang tepat. Penelitian ini melakukan perhitungan Quantity Take-Off dengan menggunakan teknologi Building Information Modeling (BIM) berdasarkan data Detail Engineering Design (DED) proyek dengan Tekla Structures 2023 untuk mendapatkan hasil volume elemen struktur yang dimodelkan. Didapatkan volume beton sebesar 197,40 m3 dan untuk volume pembesian sebesar 31585 kg serta didapatkan rekapitulasi Rencana Anggaran Biaya secara konvensional untuk pembetonan sebesar Rp. 278,217,260.24 dan untuk pembiayaan pembesian sebesar Rp. 583,180,070.55 hanya pada pile cap, struktur lantai 1 dan 2. Dengan Tekla Structures menghasilkan perhitungan yang lebih akurat dan lebih cepat. Kata Kunci : Quantity Take-Off (QTO), Rencana Anggaran biaya, Building Information Modeling (BIM), Tekla Structure

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:49
Last Modified: 04 Sep 2024 03:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21736

Actions (login required)

View Item View Item