STRATEGI COPING MAHASISWA INTERNSHIP SUMATERA BARAT DI JEPANG TERHADAP BUDAYA KERJA 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, SHITSUKE)

Yosi, Fidiah Elfi and Amril, Oslan (2024) STRATEGI COPING MAHASISWA INTERNSHIP SUMATERA BARAT DI JEPANG TERHADAP BUDAYA KERJA 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, SHITSUKE). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KESIMPULAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perbedaan budaya kerja antara negara asal dan negara Jepang menjadikan mahasiswa internship melakukan upaya atau strategi untuk bisa beradaptasi dengan budaya kerja 5S yang selanjutnya disebut dengan strategi coping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala implementasi budaya kerja 5S yang dihadapi mahasiswa internship selama menjalankan magang di Jepang dan mengetahui solusi atas kendala tersebut dan mengidentifikasi strategi coping yang digunakan oleh mereka untuk bisa beradaptasi dengan budaya kerja 5S. Metode yang digunakan adalah kualitatif yang melibatkan 34 responden dimana responden merupakan mantan atau mahasiswa internship yang tengah melakukan magang ke Jepang. Dari penelitian ini didapatlah hasil bahwa mahasiswa internship memiliki kendala internal yakni perbedaan budaya yang cukup jauh dari negara asal dan eksternal yaitu tekanan dari atasan serta faktor bahasa. Peserta internship mampu mengatasi kendala yang dihadapi dengan melakukan strategi coping yang berfokus pada emosi (emotion-focused forms of coping) dan juga berfokus pada penyelesaian masalah masalah (problem-focused forms of coping). Berdasarkan dari jawaban responden, seluruh mahasiswa internship melakukan dua jenis strategi coping yang bersifat positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: SAJE FIB
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:06
Last Modified: 04 Sep 2024 07:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21784

Actions (login required)

View Item View Item