PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI KERAPATAN ADAT NAGARI (KAN) BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN AGAM NOMOR 12 TAHUN 2007 TENTANG PEMERINTAHAN NAGARI DI NAGARI MANGGOPOH KECAMATAN LUBUK BASUNG

TONDY RIDHO, UTAMA and Sanidjar, Pebrihariati (2014) PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI KERAPATAN ADAT NAGARI (KAN) BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN AGAM NOMOR 12 TAHUN 2007 TENTANG PEMERINTAHAN NAGARI DI NAGARI MANGGOPOH KECAMATAN LUBUK BASUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN_PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (35kB)

Abstract

Nagari adalah lembaì gaì yaì ng melaì kukaì n kekuaì saì aì n pemerintaì haì n melaì lui keraì paì taì n aì daì t. Rumusan Masalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan tugas dan fungsi dari KAN berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Pemerintahan Nagari di Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung? 2) Apa saja kendala-kendala KAN dalam melaksanakan tugas dan fungsi di Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung? 3) Apa saja Upaya- upaya yang dilakukan KAN dalam mengatasi kendala-kendala di Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung? Metode penelitian yang dipergunakan hukum sosiologis yang terdiri dari sumber data primer dan data sekunder, Teknik pengumpulan data wawancara dan studi dokumen, kemudian data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan tugas dan fungsi KAN di Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 12 Tahun 2007 belum berjalan maksimal 2) Kendala-kendala yang dihadapi KAN di Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung kurangnya kesadaran masyarakat dan anak kemenakan betapa pentinya nilai-nilai budaya Minangkabau, pemangku adat bersifat pasif, hiburan malam yang melampaui batas, perubahan zaman, tingkat pendidikan pemangku adat yang beragam 3) Upaya-upaya KAN mengatasi kendala-kendala di Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung mendorong masyarakat menggunakan kesenian tradisional Minangkabau ketika adanya pesta pernikahan, mendorong pemangku adat lebih aktif, melarang masyarakat menggunakan orgen dimalam hari, melakukan pelatihan-pelatihan untuk anak kemenakan, dan pelatihan-pelatihan untuk pemangku adat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:35
Last Modified: 04 Sep 2024 06:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21840

Actions (login required)

View Item View Item