PENERAPAN METODE PDM (PRESEDENCE DIAGRAM METHOD) DALAM OPTIMALISASI WAKTU PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH TINGGAL TUNGGAL BERTINGKAT KARANG MULYA

Faris, Ahmad Salam and Indra, Khaidir (2024) PENERAPAN METODE PDM (PRESEDENCE DIAGRAM METHOD) DALAM OPTIMALISASI WAKTU PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH TINGGAL TUNGGAL BERTINGKAT KARANG MULYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
bab 1 faris.pdf

Download (836kB)
[img] Text
bab 5 faris.pdf

Download (143kB)
[img] Text
TA final faris.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara berkembang sedang gencar melaksanakan proyek konstruksi yang memerlukan manajemen proyek untuk mengelola proses dari awal hingga akhir. Salah satu aspek penting dalam manajemen proyek adalah penjadwalan waktu yang harus disusun secara sistematis dengan memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien. Beberapa metode umum dalam penjadwalan proyek konstruksi meliputi Bar Chart, Kurva S, dan Network Planning seperti CPM, PERT, dan PDM. Berdasarkan kajian sebelumnya, metode PDM (Precedence Diagram Method) memiliki keunggulan dibandingkan metode lain. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan diagram jaringan kerja PDM guna mendapatkan penjadwalan waktu yang optimum pada proyek pembangunan Rumah Tinggal Tunggal Bertingkat Karang Mulya. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi pengumpulan data, perencanaan diagram jaringan kerja PDM secara manual dan perencanaan diagram kerja PDM dengan Microsoft Project 2019. Hasil analisis menunjukkan bahwa diagram jaringan kerja PDM dapat menghasilkan penjadwalan waktu optimum selama 219 hari kerja (31 minggu) dengan 13 pekerjaan yang termasuk kegiatan kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:12
Last Modified: 04 Sep 2024 08:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21897

Actions (login required)

View Item View Item