ANALISIS RISIKO KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN (K3L) DENGAN METODE HIRADC PADA PROYEK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN TOL RUAS SIGLI - BANDA ACEH

Zalfa, Athaya Shalsabila and Khaidir, Indra (2024) ANALISIS RISIKO KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN (K3L) DENGAN METODE HIRADC PADA PROYEK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN TOL RUAS SIGLI - BANDA ACEH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Pada proyek konstruksi, Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) merupakan aktivitas yang banyak mengandung risiko. Pada penelitian di Proyek Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Ruas Sigli-Banda Aceh yakni pada pekerjaan rigid pavement ini dilakukan pengidentifikasian potensi bahaya, mengevaluasi risiko-risiko yang terkait dan merancang tindakan pengendalian yang sesuai dengan menggunakan Metode HIRADC (Hazard Identification, Risk Assessment and Determinig Controls. Penelitian ini melakukan pengamatan langsung dan wawancara checklist serta data sekunder berupa CSA (Contruction Safety Analysis) dan IBPRP. Hasil dari penelitian ini didapatkan 22 jenis risiko kecelakaan kerja pada pekerjaan rigid pavement yakni : 2 jenis risiko dengan persentase 9,1 % pada tingkat risiko rendah, 11 jenis risiko dengan persentase 50% pada tingkat risiko sedang dan 9 jenis risiko dengan persentase 40,9% pada tingkat risiko tinggi. Upaya pengendalian risiko K3L terdiri dari pengendalian secara eliminasi, substitusi, rekaya teknik, administrasi dan APD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 12:43
Last Modified: 04 Sep 2024 12:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21911

Actions (login required)

View Item View Item