Mandari, Eliza Ulan and Bidiawati Jr, Ayu (2024) PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN KRIPIK TALAS BALADO BERDASARKAN KANSEI ENGINEERING DI UMKM KRIPIK BALADO SALSABILA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER, PERSETUJUAN, BAB I.pdf Download (490kB) |
|
Text
BAB VI & DAFUS.pdf Download (98kB) |
|
Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
Abstract
Konsumen selalu dipengaruhi oleh emosinya ketika memilih produk dan mengambil keputusan pembelian. Oleh karena itu, produsen harus mempertimbangkan hal ini ketika merancang kemasan produknya. Aspek penting dari suatu produk adalah kemasannya. Hal serupa juga terjadi pada UMKM Keripik Balado Salsabila yang sudah berdiri sejak tahun 2015 dan aktif bergerak di bidang produksi dan distribusi jajanan khas Padang. Produk yang diproduksi langsung oleh UMKM antara lain Keripik Varad Asli, Keripik Varad Rasa Durian, Keripik Varad Pisang, Keripik Singkong Rasa Bawang, Keripik Singkong Keju, Keripik Varad Telur Asin, Keripik Varad Emping, Keripik Talas Balado. Kapasitas produksi harian 500-700 pcs, dan jumlah karyawan 12 orang. Produk Keripik Talas Balado yang ditawarkan dikemas dalam plastik transparan biasa dan ditempel stiker dengan informasi tambahan pada kemasan produk. Dalam konteks ini, UMKM ingin mengembangkan segmentasi pasar yang lebih luas terhadap produk Keripik Talas Balado melalui promosi produk. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi kemasan produk yang dapat merangsang minat konsumen untuk mencoba produk yang ditawarkan. Metode yang digunakan adalah Kansei Engineering. Inovasi desain kemasan berfokus pada pilihan konsumen terhadap bentuk kemasan, bahan kemasan, dan tampilan kemasan yang diinginkan. Keinginan konsumen ditentukan melalui penyebaran kuesioner berdasarkan teknik sensitisasi yang bertujuan untuk mencerminkan emosi dan kebutuhan psikologis konsumen dalam desain kemasan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai kategorikal dan merancang kemasan sehingga diperoleh hasil dari perancangan kemasan Keripik Talas Balado. Hasil penelitian menghasilkan dua alternatif desain kemasan produk yang memenuhi permintaan konsumen. Artinya, label kemasan komposit yang memuat informasi tentang format kemasan Standing pouch, bahan kemasan aluminium, dan produk yang dikemas, izin usaha dan informasi terkait UMKM lainnya. Desain kemasan dilengkapi dengan penutup ziplock sehingga memudahkan konsumen dalam membuka dan menutup kemasan produk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Teknik Industri FTI |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:54 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:54 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21916 |
Actions (login required)
View Item |