Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website Menggunakan Google Sites Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SDN 40/II Tebing Tinggi Kabupaten Bungo

Putri, Hidayati and Darwianis, Darwianis (2024) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website Menggunakan Google Sites Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SDN 40/II Tebing Tinggi Kabupaten Bungo. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
PERSETUJUAN, ABSTRAK DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan dalam melakukan inovasi baru dan belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi sebagai media dalam pembelajaran pendidikan Pancasila siswa kelas V. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis website menggunakan google sites siswa kelas V SDN 40/II Tebing Tinggi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan menggunakan model DDD-E yang terdiri atas decide, design, develop, dan evaluate. Data penelitian diperoleh dari validasi para ahli yaitu validasi media, validasi bahasa, dan validasi materi. Selain itu, data juga diperoleh dari angket respon guru dan angket respon siswa. Pada angket respon siswa untuk keterbacaan melalui uji kelompok kecil dan untuk praktiskalitas melalui uji kelompok besar. Hasil penilaian ahli media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 5 dengan kategori sangat valid, penilaian ahli bahasa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,6 dengan kategori sangat valid serta penilaian ahli materi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,63 dengan kategori sangat valid. Penilaian respon guru mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,8 dengan kategori sangat praktis dan nilai respon siswa pada uji kelompok besar mendapatkan nilai rata-rata 4,84 dengan kategori sangat praktis serta penilaian pada uji kelompok kecil mendapatkan rata-rata 4,83 dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukan pengembangan media interaktif berbasis website menggunakan google sites pada pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V SDN 40/II Tebing Tinggi Kabupaten Bungo secara keseluruhan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:57
Last Modified: 05 Sep 2024 01:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21954

Actions (login required)

View Item View Item