PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP

Cantika, Mardi and Yusri, Wahyuni and NINIWATI, NINIWATI (2024) PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[img] Text
iii. FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa masih rendahnya minat belajar dan keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran matematika. Media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yaitu LKS yang disediakan dari sekolah sebagai pedoman materi pembelajaran dan pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga belum sepenuhnya memfasilitasi peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD matematika yang valid dan praktis berbasis Problem Based Learning pada materi statistika. Jenis penelitian ini adalah Research & Development dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai validitas ahli materi yakni sebesar 97% dengan kriteria sangat valid, nilai validitas ahli desain sebesar 80% dengan kriteria valid, nilai praktikalitas guru sebesar 89% dengan kriteria praktis dan nilai praktikalitas peserta didik sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD matematika berbasis Problem Based Learning pada materi statistika kelas VIII SMP ini valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan LKPD ini bisa digunakan sebagai media alternatif oleh tenaga pendidik, perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut sampai ke tahap efektifitas karena penelitian ini hanya sampai tahap praktikalitas. Kata Kunci : LKPD, Problem Based Learning, Pengembangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:26
Last Modified: 06 Sep 2024 08:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21981

Actions (login required)

View Item View Item