PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 13 SURAU GADANG

Olzah, Fadilah Ningsih and Zulfa, Amrina and Daswarman, Daswarman (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 13 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
34. OLZAH 1610013411075 COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
34. OLZAH 1610013411075 ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
34. OLZAH 1610013411075 BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
34. OLZAH 1610013411075 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
34. OLZAH 1610013411075 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
34. OLZAH 1610013411075 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
34. OLZAH 1610013411075 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
34. OLZAH 1610013411075 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Matematika interaktif pada materi keliling dan luas daerah bangun datar untuk siswa kelas IV di SD N 13 Surau Gadang, yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang dimodifikasi mejadi 3-D yaitu define, design dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktikalitas (angket respon guru). Media pembelajaran Matematika interaktif di validasi oleh 2 orang dosen, serta diujicobakan kepada 1 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Matematika interaktif pada siswa kelas IV SDN 13 Surau Gadang memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata penilaian sebesar 3,6 oleh ahli materi, kriteria sangat valid dengan perolehan ratarata 3,6 oleh ahli media dan kriteria praktis dengan persentase penilaian sebesar 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Matematika interaktif memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran Matematika di kelas IV sekolah dasar. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Matematika, Interaktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:29
Last Modified: 16 Dec 2020 04:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item View Item