Fani, Febrianti Wirza and Marsis, Marsis and Hidayati, Azkiya (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASAINDONESIA PADA MATERI PUISI BERBASIS SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS IV SDN 08 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
37. FANI 1610013411104 Cover.pdf Download (155kB) |
|
Text
37. FANI 1610013411104 Abstrak.pdf Download (243kB) |
|
Text
37. FANI 1610013411104 BAB I.pdf Download (296kB) |
|
Text
37. FANI 1610013411104 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
37. FANI 1610013411104 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
|
Text
37. FANI 1610013411104 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
37. FANI 1610013411104 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
37. FANI 1610013411104 Daftar Pustaka.pdf Download (367kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi puisi berbasis saintifik untuk siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang Padang. Teori yang dipakai adalah teori mengenai pembelajaran Bahasa Indonesia, teori pendekatan saintifik, dan teori mengenai modul pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Dengan menggunakan model 4-D yaitu terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) dan pendiseminasian (disseminate). Penelitian ini dilakukan di SDN 08 Surau Gadang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, modul divalidasi oleh tiga validator diperoleh hasil aspek kelayakan isi sebesar 94,44% dengan kriteria sangat valid, aspek bahasa sebesar 95% dengan kriteria sangat valid, aspek penyajian dan tampilan sebesar 87,5% dengan kriteria valid. Kedua, hasil uji praktikalitas modul oleh guru mendapatkan persentase sebesar 90,38% dengan kriteria sangat praktis. Uji praktikalitas modul oleh siswa mendapatkan persentase sebesar 86,81% dengan kriteria praktis. Ketiga, hasil ketuntasan belajar klasikal pada pelaksanaan pre-test oleh siswa memperoleh persentase sebesar 42% dengan kriteria kurang. Dan hasil ketuntasan belajar klasikal pada pelaksanaan post-test mendapatkan persentase sebesar 84% dengan kriteria baik, dan termasuk pada kategori efektif. Dengan demikian, disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi puisi berbasis saintifik yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SD. Kata kunci: bahasa Indonesia, modul, validitas, praktikalitas dan keefektifan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 07:05 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 07:05 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2211 |
Actions (login required)
View Item |