Dolly Riyanti Yusda, Riyanti Yusda and Yetty, Morelent and Syofiani, Syofiani (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA FASE F SMAN 1 KOTO XI TARUSAN. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
I.pdf Download (848kB) |
|
Text
II.pdf Download (327kB) |
|
Text
Dolly Riyanti Yusda.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada kesulitan siswa dalam menulis teks argumentasi siswa di SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan. Hal ini disebabkan karena guru tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran sehingga siswa memiliki motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model problem based learning dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks argumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI di SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI F 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI F 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini ada dua, yaitu tes unjuk kerja keterampilan menulis teks argumentasi dan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data penelitian, yaitu angket diberikan kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya, guru memberikan pretest keterampilan menulis teks argumentasi untuk melihat kemampuan awal siswa. Guru kemudian melaksanakan pembelajaran menggunakan model problem based learning di kelas eksperimen dan model konvensional di kelas kontrol. Selanjutnya, guru memberikan postest keterampilan menulis teks argumentasi untuk mengukur kemampuan akhir siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan hasil tes keterampilan menulis teks argumentasi siswa menggunakan model problem based learning dengan hasil tes keterampilan menulis teks argumentasi siswa menggunakan model konvensional dengan nilai sig 0.000 < 0.05. Kedua, terdapat perbedaan antara hasil tes unjuk kerja keterampilan menulis teks argumentasi siswa dengan motivasi belajar tinggi menggunakan model problem based learning dengan hasil tes unjuk kerja keterampilan menulis teks argumentasi siswa dengan motivasi belajar tinggi menggunakan model konvensional dengan nilai sig 0.001 < 0.05. Ketiga, terdapat perbedaan antara hasil tes unjuk kerja keterampilan menulis teks argumentasi siswa dengan motivasi belajar rendah menggunakan model problem based learning dengan hasil tes unjuk kerja keterampilan menulis teks argumentasi siswa dengan motivasi belajar rendah menggunakan model konvensional dengan nilai sig 0.003 < 0.05. Keempat, tidak terdapat interaksi antara model problem based learning dan motivasi belajar siswa dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks argumentasi karena F (0.728) < F tabel (4.2). Kata Kunci: model, problem based learning, motivasi belajar, teks argumentasi hitung
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | PINDO Magister |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 02:19 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 02:19 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22139 |
Actions (login required)
View Item |