PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 09 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN

Fica, Okdila Darma and Wirnita, Eska and Darwianis, Darwianis (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 09 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
40. FICA 1610013411054 cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
40. FICA 1610013411054 abstract.pdf

Download (70kB)
[img] Text
40. FICA 1610013411054 BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
40. FICA 1610013411054 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
40. FICA 1610013411054 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
40. FICA 1610013411054 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
40. FICA 1610013411054 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
40. FICA 1610013411054 daftar pustaka.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping pada materi Jenis-Jenis Pekerjaan untuk siswa kelas III SD N 09 Pancung Soal, yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 3-D yaitu define, design dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi aspek bahasa, materi dan desain. Modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping divalidasi oleh 3 orang dosen. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh penilaian 81.25%, dari aspek desain memperoleh penilaian 91,65% dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian 95%. Dilihat dari validasi modul penilaian modul pembelajaran IPS berbasi Mind Mapping yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 89,6% dengan kategori valid. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping memenuhi kriteria valid dapat digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran IPS di kelas III sekolah dasar. Kata kunci : Pengembangan Modul, Mind Mapping, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 17 Dec 2020 06:35
Last Modified: 17 Dec 2020 06:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item View Item