PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS II SDN 01 LUHAK NAN DUO KABUPATEN PASAMAN BARAT

Reski, Anneke Putri and Marsis, Marsis and Zulfa, Amrina (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS II SDN 01 LUHAK NAN DUO KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
46. RESKI 1610013411008 COVER.pdf

Download (212kB)
[img] Text
46. RESKI 1610013411008 ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
46. RESKI 1610013411008 BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
46. RESKI 1610013411008 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
46. RESKI 1610013411008 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
46. RESKI 1610013411008 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
46. RESKI 1610013411008 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
46. RESKI 1610013411008 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Contextual Teaching and Learning untuk siswa kelas II SD Pembelajaran Contextual Teaching and Learning melibatkan peserta didik secara menyeluruh agar mampu menemukan materi yang dipelajari dan mengaitkan dengan kehidupan mereka sehari-hari (Rohmah 2017:24). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Menurut Trianto (2009:189) pengembangan dengan pendekatan ini terdiri atas 4 tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan desseminate. Dalam penelitian ini hanya sampai pada pengembangan 3-D yaitu define, design, dan develop. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh orang ahli materi, orang ahli desain dan orang ahli bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Contextual Teaching and Learning untuk siswa kelas II SD dihasilkan modul yang memenuhi kriteria sangat valid pada ahli materi dengan persentase 98,4%, memenuhi kriteria valid pada ahli bahasa dengan persentase 85,4%, dan memenuhi kriteria sangat valid pada ahli desain dengan persentase 97,9. Jadi, disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Contextual Teaching and Learning untuk siswa kelas II SD sudah sangat valid dengan persentase 93,9% sehingga dapat digunakan sebagai salah beberapa sumber dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD (Sekolah Dasar). Kata kunci: Modul, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:20
Last Modified: 17 Dec 2020 07:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2226

Actions (login required)

View Item View Item