PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA FASE E ELEMEN UUD TAHUN 1945 BERBASIS CASE METHOD

Deti, Mutia and Pebriyenni, Pebriyenni (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA FASE E ELEMEN UUD TAHUN 1945 BERBASIS CASE METHOD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (248kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Ajar Pendidikan Pancasila Fase E Elemen UUD Tahun 1945 Berbasis Case Method yang memenuhi kriteria valid, Praktis dan Efektif. Dengan jenis penelitian pengembagan atau R&D (Research and development) menggunakan desain pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas (angket respon guru) dan lembar efektivitas (angket respon peserta didik). Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, hasil analisis data validasi memperoleh nilai rata-rata 0,93 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil analisis data praktikalitas yang diisi oleh guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila Fase E memperoleh nilai rata-rata 91,25 % dengan kriteria sangat praktis. Dilihat dari hasil analisis data efektivitas modul ajar yang terapkan berdasarkan respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata sejumlah 83,5 % dengan kriteria Efektif. Selain itu hasil belajar siswa menunjukan hasil skor N-Gain pesrsen nilai rata-rata antara pretest dan posttest kelas eksperimen sejumlah 30 orang peserta didik sebesar 74,55% dengan kategori cukup efektif, N-Gain persen pada kelas kontrol sebesar 49,55% pada kategori kurang efektif dari 30 orang peserta didik. Dengan demikian, dilihat dari N-Gain persen pada kelas eksperimen penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Case Method cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul AjarPendidikan Pancasila Fase E Elemen UUD Tahun 1945 berbasis Case Methodmemenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif yang dapat digunakan dalam pembelajaran di Fase E SMAN 2 Padang. Kata Kunci : Case Method, Modul Ajar, Pendidikan Pancasila, Elemen UUD Tahun 1945

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 01:15
Last Modified: 06 Sep 2024 01:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22275

Actions (login required)

View Item View Item