PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIABERBASIS KONTEKSTUAL DI KELAS IV SD NEGERI 03 ALAI PADANG

J.E., Regita Hasri Pertiwi and Wirnita, Wirnita and Hidayati, Azkiya (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIABERBASIS KONTEKSTUAL DI KELAS IV SD NEGERI 03 ALAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
47. JE REGITA 1610013411107 COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
47. JE REGITA 1610013411107 ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
47. JE REGITA 1610013411107 BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
47. JE REGITA 1610013411107 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
47. JE REGITA 1610013411107 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
47. JE REGITA 1610013411107 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
47. JE REGITA 1610013411107 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
47. JE REGITA 1610013411107 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kontekstual di kelas IV SD Negeri 03 Alai Padang yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun karena bencana Nasional (Covid-19) maka sesuai dengan surat edaran nomor 3494/UM1/KP/VI-2020 penelitian ini hanya dilakukan dengan 3 tahapan saja yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian berupa lembar validasi. Modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kontekstual divalidasi oleh 2 orang dosen/ahli yang terdiri dari 1 ahli bahasa/materi dan 1 ahli design. Hasil pengembangan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kontekstual di kelas IV memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 97,14% dari aspek materi/bahasa dan 88,33% dari aspek design dengan kriteria valid sehingga diperoleh persentase rata-rata sebesar 92.74% dengan kriteria sangat valid. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kontekstual dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar sebagai bahan ajar untuk belajar secara mandiri di rumah maupun di sekolah. Kata kunci: modul pembelajaran bahasa Indonesia, kontekstual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:23
Last Modified: 17 Dec 2020 07:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2229

Actions (login required)

View Item View Item