PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DENGAN MODEL INQUIRY BERBANTU MEDIA INTERAKTIF DI SDN 12 V KOTO TIMUR KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Mita, Triana Fitri and Heri, Effendi (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DENGAN MODEL INQUIRY BERBANTU MEDIA INTERAKTIF DI SDN 12 V KOTO TIMUR KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVEL DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPAS melalui model Inquiry di SDN 12 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa melalui model Inquiry berbantu media interaktif dalam aspek kognitif (pengatahuan dan pemahaman) dan aspek afektif (mengemukakan pendapat). Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 12 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 13 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar tes hasil belajar, lembar penilaian afektif siswa. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar kognitif siswa diperoleh persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 61,54% dengan rata-rata 75, meningkat pada siklus II sebesar 84,62% dengan rata-rata 83,46. Sedangkan ketuntasan hasil belajar afektif siswa pada siklus I, diperoleh sebesar 53,85% dengan rata-rata 77,88, meningkat pada siklus II sebesar 80,78% dengan rata-rata 90,38. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan afektif siswa kelas V di SD Negeri 12 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:05
Last Modified: 06 Sep 2024 02:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22307

Actions (login required)

View Item View Item