ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS X SMA KARTIKA 1-5 PADANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

Hadida, Fithria Jelita and Rita, Desfitri (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS X SMA KARTIKA 1-5 PADANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Kesimpulan, saran dan daftar pustaka.pdf

Download (550kB)
[img] Text
Cover sampai bab 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa di Indonesia, khususnya dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan liner tiga variabel (SPLTV). Hal ini ditunjukkan oleh kesalahan-kesalahan umum yang ditemukan dalam penggunaan angka, simbol matematika, analisis informasi dan kesimpulan jawaban, sehingga perlu dilakukan analisis terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas X dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan literasi numerasi siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas X E 5 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa tes dan wawancara. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana kemampuan literasi numerasi siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan literasi numerasi siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang tergolong sedang. Indikator kemampuan literasi numerasi ada 3, yaitu: a) menggunakan berbagai angka dan simbol matematika untuk menyelesaikan masalah, b) menganalisis informasi yang disajikan dalam soal, dan c) menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Kemampuan siswa dalam setiap indikator adalah sebagai berikut: 1) siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi ketiga indikator literasi numerasi. 2) siswa dengan kemampuan literasi numerasi sedang hanya mampu memenuhi satu dari tiga indikator, yaitu menganalisis informasi yang disajikan dalam soal. 3) siswa dengan kemampuan literasi numerasi rendah juga hanya mampu memenuhi satu indikator, yaitu menganalisis informasi yang disajikan dalam soal. Dari hasil penelitian disarankan kepada siswa untuk berusaha mengerjakan soal-soal cerita SPLTV dengan jenis yang beragam dan aktif bertanya kepada guru mengenai ketidakpahaman dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV. Guru diharapkan mengaitkan contoh masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan materi pelajaran, membahas soal cerita dengan berbagai tipe, dan memperbanyak latihan soal cerita untuk siswa pada materi SPLTV. Kata kunci: Literasi Numerasi, Soal Cerita, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:13
Last Modified: 06 Sep 2024 02:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22317

Actions (login required)

View Item View Item