PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD NEGERI 29 RANTAU BATU PASAR PUNGGASAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Vira Trilia, Putri and Ashabul, Khairi (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD NEGERI 29 RANTAU BATU PASAR PUNGGASAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB PENDAHULUAN- SKRIPSI VIRA TRILIA PUTRI 20-097.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN-SKRIPSI VIRA TRILIA PUTRI 20-097.pdf

Download (190kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL- VIRA TRILIA PUTRI 20-097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SD NEGERI 29 RANTAU BATU PASAR PUNGGASAN KABUPATEN PESISIR SELATAN Vira Trilia Putri1 , Ashabul Khairi2 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2Pendidikan Teknik Informatika Dan Komunikasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : Viratrilia87@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model discovery learning di kelas III SD Negeri 29 Rantau Batu Pasar Punggasan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes akhir siklus. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru dan tes akhir belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas guru dalam mengolah kelas pada siklus I pertemuan I dengan persentase 62% pertemuan II dengan persentase 68 % diperoleh rata-rata 65% meningkat pada siklus II pertemuan I dengan persentase 81% pertemuan II dengan persentase 93% diperoleh rata-rata 87% meningkat pada siklus II dan peningkatan hasil belajar siswa di mana rata-rata hasil ulangan akhir siklus I 51,3 dengan ketuntasan 40% menjadi 74,6 dengan ketuntasan 87% di siklus II. Dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 29 Rantau Batu Pasar Punggasan Kabupaten Pesisir Selatan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan disarankan guru dapat menggunakan model discovery learning dalam pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran Discovery Learning, Ilmu Pengeahuan Alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:30
Last Modified: 06 Sep 2024 02:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22350

Actions (login required)

View Item View Item