PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X SMA PADA MATERI STATISTIKA

Ulya, Izzatul and Khairudin, Khairudin (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X SMA PADA MATERI STATISTIKA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
PENDAHULUAN IZZA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PENUTUP IZZA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
SKRIPSI IZZA fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbekangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa sering kali disebabkan oleh kurangnya kesempatan bagi siswa untuk membangun pemahaman secara mandiri, terutama ketika guru menggunakan metode ceramah yang menyebabkan siswa menjadi pasif. Berdasarkan pengalaman peneliti di SMA Kartika 1-5 Padang, proses pembelajaran yang hanya berfokus pada penggunaan buku paket kurang mendorong siswa untuk menemukan konsep secara mandiri. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan E-Modul berbasis discovery learning yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi statistika, khususnya pada sub bab histogram dan pemusatan data. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul yang valid dan praktis serta terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap utama: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Model ini digunakan untuk memastikan bahwa E-Modul yang dikembangkan tidak hanya memenuhi standar validitas dan praktikalitas, tetapi juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil validasi dan uji praktikalitas serta tes yang telah dilakukan, maka diperoleh nilai hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan kategori "Sangat Valid" dengan skor 1, sementara validasi oleh ahli media menunjukkan kategori "Valid" dengan skor 0,75. Dari segi praktikalitas, guru memberikan skor 85% yang dikategorikan sebagai "Sangat Praktis", sedangkan siswa memberikan skor 76% yang dikategorikan sebagai "Praktis", dan hasil tes menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (66,67%) mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematis setelah menggunakan E-Modul, dengan kategori peningkatan tinggi. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan EModul berbasis discovery learning ini berhasil menciptakan bahan ajar yang valid dan praktis, serta terbukti dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi statistika. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk melakukan uji efektivitas E-Modul dalam skala lebih besar, guna memastikan dampak positifnya terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : E-Modul, Discovery Learning, Konsep Matematis Siswa, Statistika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 05:13
Last Modified: 06 Sep 2024 05:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22383

Actions (login required)

View Item View Item