PENERAPAN KEAMANAN, KESELAMATAN, KESEHATAN DAN LINGKUNGAN KERJA (K3L) PADA PROYEK KONSTRUKSI PEMBANGUNAN LANJUTAN GEDUNG TEKNIK INDUSTRI DAN TEKNIK LINGKUNGAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG

Hambali, Hambali and Indra Khaidir, S.T., M.Sc, Indra (2023) PENERAPAN KEAMANAN, KESELAMATAN, KESEHATAN DAN LINGKUNGAN KERJA (K3L) PADA PROYEK KONSTRUKSI PEMBANGUNAN LANJUTAN GEDUNG TEKNIK INDUSTRI DAN TEKNIK LINGKUNGAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN atau PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (820kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan program Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Kerja (K3L) pada proyek konstruksi Pembangunan Lanjutan Gedung Teknik Industri dan Teknik Lingkungan Universitas Andalas Padang. Disamping itu juga penyebab kegagalan dalam penerapan Keamanan, Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan Kerja (K3L) pada proyek konstruksi Pembangunan Lanjutan Gedung Teknik Industri dan Teknik Lingkungan Universitas Andalas Padang. Metode penelitian menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner dan melibatkan 10 responden untuk mengetahui bagaimana penerapan K3L pada proyek konstruksi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Secara umum, proyek konstruksi Pembangunan Lanjutan Gedung Teknik Industri dan Teknik Lingkungan Universitas Andalas Padang memiliki tingkat penerapan K3L yang relatif tinggi dengan skor total sebesar 184 dan skor rata-rata 3,67 dari skala 1-5 dan TCR 73,40%. 2) Faktor potensial penyebab kegagalan dalam penerapan K3L, yaitu; tidak tersedianya kamar mandi yang cukup dan tidak diberlakukan tugas piket untuk membersihkan kamar mandi, menyebabkan skor rata-rata sebesar 2,80 dengan TCR 56,00% pada aspek Kesehatan Kerja. Perusahaan tidak menyediakan pakaian kerja, helm, sepatu boots, sarung tangan, masker, sabuk pengaman dan lainnya, dengan skor rata-rata 2,40 dan TCR 48,00% pada aspek Peralatan dan Pakaian Kerja. Lingkungan kerja yang bising dan tidak memiliki alat peredam suara, menghasilkan skor rata-rata 2,60 dan TCR 52,00% pada aspek Lingkungan Kerja. Kata kunci : Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Kerja (K3L)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 06 Sep 2024 05:08
Last Modified: 06 Sep 2024 05:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22399

Actions (login required)

View Item View Item