UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING KELAS V SD NEGERI 55 AIR PACAH PADANG

Ummilatifa, Nashra and Zulfa, Amrina (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING KELAS V SD NEGERI 55 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (300kB)
[img] Text
1.SKRIPSI UMMILATIFA NASHRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 55 Air Pacah Padang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 55 Air Pacah Padang dalam pembelajaran matematika melalui model Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 55 Air Pacah Padang yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi guru dan tes kemampuan berpikir kritis. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Project Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Project Based Learning terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata presentase aktvitas guru siklus I sebesar 63,3%, dan pada siklus II mencapai sebesar 76,5% dengan kriteria terlaksana baik. Presentase kemampuan berpikir kritis pada siklus I dengan tes projek berupa Poop-Up Book diperoleh sebesar 97%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 100% dan tes uji siklus I secara individu diperoleh sebesar 60% dengan kriteria cukup kritis dan uji siklus II secara individu diperoleh sebesar 86% dengan kriteria sangat kritis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Project Based Learning meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar model Project Based Learning dapat digunakan guru untuk proses belajar mengajar di kelas. Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis, Project Based Learning, matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:39
Last Modified: 06 Sep 2024 07:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22490

Actions (login required)

View Item View Item