PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK KACA SEBAGAI SUBSTITUSI PARSIAL SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN DAN PENYERAPAN AIR PADA PAVING BLOCK

VIVIEN, APRILISTIA and Rini, Mulyani (2024) PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK KACA SEBAGAI SUBSTITUSI PARSIAL SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN DAN PENYERAPAN AIR PADA PAVING BLOCK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Bismillah Vivien Aprilistia S.T OK fix-1-19.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bismillah Vivien Aprilistia S.T OK fix-90-92.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Bismillah Vivien Aprilistia S.T OK fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penambahan bahan tambahan dalam campuran paving blok diharapkan dapat meningkatkan performa paving blok tersebut. Salah satu bahan tambahan yang dapat digunakan adalah serbuk kaca, yang bertujuan untuk menggantikan sebagian semen portland. Serbuk kaca adalah bahan amorf yang terbuat dari silika kering dan oksida dasar, bersifat tidak berpori serta pozzolanik. Serbuk kaca mengandung SiO2, AL2O3, Fe2O3, dan CaO, sedangkan semen mengandung CaO, SiO2, AL2O3, MgO, dan SO3 (Purnomo, dkk 2014). Oleh karena itu, serbuk kaca berpotensi digunakan sebagai pengganti sebagian semen. Selain karena komposisi material serbuk kaca yang mirip dengan material penyusun semen, serbuk kaca juga dipilih untuk membantu mengurangi limbah kaca. Pada tahun 2020, Menteri Lingkungan dan Kehutanan (LHK) melaporkan bahwa Indonesia menghasilkan sampah sebanyak 67,8 juta ton, dengan 0,7 juta ton di antaranya merupakan limbah kaca. Selain itu, limbah kaca memerlukan waktu sekitar 1.000.000 tahun untuk terurai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 06 Sep 2024 04:51
Last Modified: 06 Sep 2024 04:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22492

Actions (login required)

View Item View Item