Identifikasi Tingkat Kerusakan untuk mendapatkan biaya pemeliharaan pada bangunan gedung G lantai IV FTSP Universitas Bung Hatta (studi kasus: Ruangan studio 3 dan studio 4)

widya nofri, yena putri and Riki, Adriadi (2024) Identifikasi Tingkat Kerusakan untuk mendapatkan biaya pemeliharaan pada bangunan gedung G lantai IV FTSP Universitas Bung Hatta (studi kasus: Ruangan studio 3 dan studio 4). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN WIDYA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover, abstrak, daftar isi oke.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN OKE.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN OKE.pdf

Download (73kB)
[img] Text
REV LAPORAN TA WIDYA OKE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bangunan gedung adalah bangunan yang didirikan dan atau diletakkan dalam suatu lingkungan sebagian atau seluruhnya pada, di atas, atau di bawah tanah dan/atau perairan secara tetap yang berfungsi sebagai tempat manusia untuk melakukan kegiatan bertempat tinggal, berusaha, bersosial-budaya dan kegiatan lainnya. Perawatan dan pemeliharaan gedung merupakan masalah penting yang harus diperhatikan karena berkait dengan kenyamanan dan keselamatan setiap pengguna gedung. Perawatan dan pemeliharaan berpengaruh terhadap umur rencana gedung sehingga mencapai umur yang direncanakan. Pada umumnya usia suatu bangunan diperhitungkan ± 20 tahun. Oleh karena itu, pekerjaan pemeliharaan sangat penting dilakukan pada tahap pra konstruksi, konstruksi dan pasca konstruksi secara rutin, terus menerus dan periodik dengan memperhatikan spesifikasi teknis bahan. Pada penelitian ini maksud dan tujuan untuk Identifikasi Tingkat Kerusakan untuk mendapatkan Biaya Pemeliharaan Pada Bangunan Gedung G, Lantai IV FTSP Universitas Bung Hatta, mengetahui tahap-tahap pelaksanaan Pekerjaan, mengetahui besar volume kebutuhan Gedung G lantai IV, mengetahui metode pemeliharaan Bangunan Gedung G lantai IV dan mengetahui biaya pemeliharaannya. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mengolah data defkriptif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi lapangan diperoleh kesimpulan volume dan kebutuhan keseluruhan gipsum plafond yang didapatkan 207,36 m2 / 72 lembar, volume dan kebutuhan keseluruhan rangka plafond yang didapatkan 590,4 m2 / 99 batang besi hollow, volume dan kebutuhan keseluruhan penutup dinding partisi dengan bahan gipsum board yang digunakan 77,81 m2 / 27 lembar, jumlah kebutuhan besi hollow hitam dengan ukuran 40x80 mm, tebal 0,35 mm yang digunakan untuk rangka dinding partisi 51 batang, jumlah kebutuhan besi zingalum dengan ukuran 20x40mm, tebal 0,53 mm yang digunakan untuk dinding partisi bagian bawah yaitu 55 batang , dari perhitungan estimasi biaya renovasi yang telah dilakukan dapat di perkirakan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk pekerjaan pembongkar berkisarkan Rp. 9.149,100 dan untuk pekerjaan plafond didapatkan sekisar RP 24.229,800, serta untuk pekerjaan dinding partisi pada Bangunan G lantai IV studio 3 dan studio 4 FTSP Universitas Bung Hatta adalah berkisar Rp. 23.452.550, jadi biaya keseluruhan item pekerjaan atau rekapitusi seluruh item pekerjaan didapatkan sekisar Rp.56.831.450. Kata Kunci: Kebutuhan Material, Estimasi Biaya, Pemeliharaan dan Perawatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil
Depositing User: TRPPBS FTSP
Date Deposited: 06 Sep 2024 09:49
Last Modified: 06 Sep 2024 09:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22539

Actions (login required)

View Item View Item