PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA FASE E ELEMEN BHINNEKA TUNGGAL IKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

ANNISA, MARDHATILLA and MUSLIM, TAWAKAL (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA FASE E ELEMEN BHINNEKA TUNGGAL IKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN ANNISA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA ANNISA.pdf

Download (478kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI ANNISA MARDHATILLA (20-008).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Fase E Elemen Bhinneka Tunggal Ika Berbasis Contextal Teaching and Learning di SMAN 4 Padang. Jenis Penelitian adalah dengan metode penelitian pengembagan Research and development (R&D) menggunakan model pengembangan 4-D dengan populasi siswa kelas X yang terdiri dari 30 orang siswa. Rancangan penelitian adalah pretest, posttest, control group design. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok kelas yang menjadi sampel yaitu pada fase E. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa. Fase E5 merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan modul Pendidikan Pancasila berbasis Contextual Teaching and Learning. Fase E4 merupakan kelas kontrol dengan metode ceramah. Berdasarkan kategori pembagian N-Gain persen didapatkan nilai rata-rata antara pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 74% dengan kategori cukup efektif. N-Gain persen pada kelas kontrol sebesar 47% pada kategori kurang efektif. Dengan demikian, dilihat dari N-Gain persen pada kelas eksperimen penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Contextual Teaching and Learning cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 4 Padang. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Modul Pembelajaran, Pendidikan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:23
Last Modified: 09 Sep 2024 01:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22599

Actions (login required)

View Item View Item