PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 25 KOTO PANJANG KOTA PADANG

Wajihan, Ariska and Ira Rahmayuni, Jusar (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 25 KOTO PANJANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Univesrsitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN SKRIPSI WAJIHAN ARISKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI WAJIHAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI WAJIHAN ARISKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 25 Koto Panjang Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Matematika kelas IV SD Negeri 25 Koto Panjang Kota Padang, dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian berjumlah 28 orang siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, angket motivasi belajar siswa dan lembar tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tes pada akhir masing-masing siklus. Pada angket motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I analisis aktivitas guru sebesar 81% dan pada siklus II sebesaar 95,5% atau mengalami peningkatan sebesar 14,5%. Dapat dilihat dari rata-rata persentase angket motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 79,07% dan siklus II sebesar 88,67% atau mengalami peningkatan sebesar 9,6%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kriteria Ketuntasan Hasil Belajar siswa meningkat, dimana siklus I sebesar 51,85% dan siklus II sebesar 89,29 yang mana mengalami peningkatan sebesar 37,44%. Dengan demikian sangat jelas motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SD N 25 Koto Panjang Kota Padang dapat ditingkatkan dengan menerapkan Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:37
Last Modified: 09 Sep 2024 02:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22606

Actions (login required)

View Item View Item