PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DALAM MENGATASI PERNIKAHAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN PEMATANG BANDAR KABUPATEN SIMALUNGUN

TANTIA DAMAR, WULAN KABAN and Dr. Muslim, S.H., M.Pd, Dr. Muslim, S.H., M.Pd (2024) PERAN KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DALAM MENGATASI PERNIKAHAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN PEMATANG BANDAR KABUPATEN SIMALUNGUN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Pengesahan, Daftar Isi, Pendahuluan.pdf

Download (716kB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
SKRIPSI SELESAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Kantor Agama dalam pencegahan pernikahan anak usia dini di Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun, serta faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pernikahan anak usia dini dan tantangan pencegahannya di Kecamatan Pematang Bandar. Simalungun. Jenis Penelitian kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan dalam teknik pengumpulan data. Saksi dalam eksplorasi ini terdiri dari Kantor Urusan Agama, tokoh masyarakat dan orang tua dari anak melakukan pernikahan anak usia dini. Triangulasi dan analisis data digunakan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam teknik analisis data, dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelian ini meunjukan bahwa dalam bekerja sama dengan tokoh masyarakat dan orang tua untuk menangani kasus pernikahan anak usia dini, kinerja Kantor Urusan Agama belum maksimal, dan masih kurangnya pengawasan masyarakat terhadap anak di lingkungan sekitar, termasuk pengawasan orang tua terhadap anaknya agar leluasa bersosialisasi dan menyalahgunakan teknologi dan smartphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:44
Last Modified: 09 Sep 2024 01:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22612

Actions (login required)

View Item View Item