STUDI ANALISA SISTEM KELISTRIKAN MOTOR INDUKSI 3 PHASA MENGGUNAKAN VARIABLE SPEED DRIVER (VSD) PADA UNIT RAIL MOUNTED GANTRY (RMG) CRANE DI PT RIAU ANDALAN PULP AND PAPER (RAPP)

Aprilla, Dede and Yani, Ridal (2024) STUDI ANALISA SISTEM KELISTRIKAN MOTOR INDUKSI 3 PHASA MENGGUNAKAN VARIABLE SPEED DRIVER (VSD) PADA UNIT RAIL MOUNTED GANTRY (RMG) CRANE DI PT RIAU ANDALAN PULP AND PAPER (RAPP). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
PENUTUP.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Ruang lingkup system elektrikal dan pengaruh frekuensi pada motor induksi 3 phasa menggunakan VSD pada unit crane di PT RAPP/ APRIL, Seperti mengevaluasi melakukan perhitungan Ulang kuat hantar arus, menentuan rating MCCB, memenetukan luas penamapang kabel, hingga kapasasitas VSD. Dengan keadaan power input yaitu 380 V AC yang dengan menggunakan VSD Kapasitas 75 kW yang dikoneksikan langsung ke motor Hoist dengan daya 55 kW menggunkan koneksi delta (Δ) serta dengan MCCB sebagai pengaman menggunakan rating amper 250 A. Pengontrolan pada motor Hoist menggunakan sistem pengontrol terbuka (Open Loop). Motor dikontrol oleh operator mealui Joy stick dengan pilihan 4 kecepatan, yang mana data tersebut di terima oleh PLC untuk diproses dan memberi intruksi ke VSD. Yang mana VSD bekerja untuk mengatur kecepatan motor Hoist saat melakukan pengangkatan kontainer. Dari Hasil analisa data didapatkan rating MCCB yang terpsang 250 A harusnya menggunkan 112 – 160 A, penggunaan kapasitas VSD seharusnya 55 kW sesuai kapasitas daya pada motor. Frekuensi yang diatur pada oleh VSD mempengaruhi kecepatan pada motor, saat frekuensi 5 Hz yaitu 97 Rpm pada data terendah dan pada frekeunsi maksimal 50 Hz ialah 982 Rpm. Hasil perhitungan nilai slip yang didapat ketika frekuansi 5 Hz adalah 3%, pada frekuensi di seting 15 Hz adalah 2,67%, sedangkan 30 Hz ialah 2,34%, serta nilai slip pada frekuensi 50 Hz ialah 1,9%, dapat disimpulkan bawah semakin tinggi nilai frekuensi semakin rendah juga nilai slip yang diapatkan. Nilai torsi terpengaruh oleh nilai kecepatan motor dan daya output pada motor, pada saat daya motor 3.800,71 watt dengan keceptan 97 Rpm maka torsi yang dihasilakan 124,79 Nm pada kecepatan 1 atau paling lambat, sedangkan pada saat daya motor 30.672,97 watt dengan keceptan 982 Rpm maka torsi yang dihasilakan 99,57 Nm pada kecepatan penuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Teknik Elektro FTI
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:11
Last Modified: 09 Sep 2024 07:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22718

Actions (login required)

View Item View Item