PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) BERBATUAN MEDIA FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS IV SD N 36 KOTO PANJANG PADANG

Hanifa, Aisy and Wirnita, Eska (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) BERBATUAN MEDIA FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS IV SD N 36 KOTO PANJANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover,daftar isi,dan bab 1.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB V, Dafpus.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Skirpsi Hanifa Aisy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya keterampilan menulis siswa yang ditandai dengan nilai sumatif yang belum mencapai standar ketuntasan. Siswa sering terdistraksi dan mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide-ide mereka dalam tulisan, serta kurangnya kepercayaan diri saat tampil di depan kelas. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan kurang menarik bagi siswa, dan guru menghadapi kendala dalam memusatkan perhatian siswa serta memenuhi tuntutan administratif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) melalui media. Teori yang digunakan dalam model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dikemukakan oleh Pendy & Mbagho (2020). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 36 Koto Panjang Padang yang berjumlah 17 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, aktivitas keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I analisis aktivitas guru sebanyak 68% meningkat pada siklus II menjadi 82% Sedangkan analisis aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 69% meningkat pada siklus II menjadi 83%. Hasil aktivitas keterampilan menulis teks eksposisi siswa pada siklus memperoleh rata rata 74 dengan presentase 43% meningkat padap siklus II memperoleh rata rata 83dengan rata-rata dengan rata-rata menjadi 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) melalui media film animasi dapat meningkatakan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas IV SD N36 Koto Panjang Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:53
Last Modified: 10 Sep 2024 03:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22791

Actions (login required)

View Item View Item