PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR SISWA KELAS III DI UPTD SD NEGERI 01 SIALANG KECAMATAN KAPUR IX KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Irsyad, Asidiqi and Syofiani, Syofiani (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR SISWA KELAS III DI UPTD SD NEGERI 01 SIALANG KECAMATAN KAPUR IX KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
(i) Irsyad Asidiqi.pdf

Download (936kB)
[img] Text
(ii) Irsyad Asidiqi.pdf

Download (412kB)
[img] Text
(iii) Irsyad Asidiqi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III di SD Negeri 01 Sialang Kecamatan Kapur IX . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring pada Siswa Kelas III di UPTD SD Negeri 01 Sialang Kecamatan Kapur IX dengan menggunakan media cerita bergambar di kelas III SD Negeri 01 Sialang Kecamatan Kapur IX. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini terdiri dari dua siklus, di dalam satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri 01 Sialang Kecamatan Kapur IX berjumlah 23 orang siswa, laki- laki berjumlah 9 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa, tes Membaca Nyaring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring. Hal ini di buktikan dengan peningkatan kemampuan membaca nyaring pada siklus I ke siklus II dimana rata-rata kemampuan membaca nyaring pada siklus I adalah 52 persen, dan pada siklus II adalah 83 persen. Pada aktvitas siswa dengan menggunakan media cerita bergambar diperoleh persentase ketuntasan siswa pada silklus I sebesar 70 persen dengan rata-rata hasil belajar 67,5 persen meningkat menjadi 85 persen dengan rata-rata hasil belajar pada siklus II 87,5 persen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media cerita bergambar dapat meningkat kan kemampuan membaca nyaring siswa kelas III SD Negeri 01 Sialang Kecamatan Kapur IX. kata kunci : media cerita bergambar, kemampuan membaca nyaring, penelitian tindakan kelas, bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Sep 2024 01:21
Last Modified: 11 Sep 2024 01:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22838

Actions (login required)

View Item View Item