PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS P ENDEKAT AN P ROBL E M BAS E D L EA RNI NG ( PB L) UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO PADANG

Novina, Almaisa and Gusmaweti, Gusmaweti and Syafni, Gustina Sari (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS P ENDEKAT AN P ROBL E M BAS E D L EA RNI NG ( PB L) UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
55. NOVINA 1610013411119 COVER.pdf

Download (156kB)
[img] Text
55. NOVINA 1610013411119 ABSTRAK.pdf

Download (345kB)
[img] Text
55. NOVINA 1610013411119 BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
55. NOVINA 1610013411119 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
55. NOVINA 1610013411119 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
55. NOVINA 1610013411119 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
55. NOVINA 1610013411119 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
55. NOVINA 1610013411119 DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas IV di SD Negeri 08 Surau Gadang yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) yaitu terdiri dari tahap define, design and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator bahasa dan 1 orang dosen validator desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh penilaian 3,90, dari aspek bahasa memperoleh penilaian 4,00 dan dari aspek desain memperoleh penilaian 3,54. Dengan demikian rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan PBL secara keseluruhan yaitu 3,81 dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis PBL yang dihasilkan sangat valid dapat digunakan dalam pembelajaran IPA sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA dikelas IV SD. Kata kunci : Pengembangan Modul, Problem Based Learning, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Dec 2020 07:46
Last Modified: 23 Dec 2020 07:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2288

Actions (login required)

View Item View Item