PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA FASE F ELEMEN UUD 1945 BERBASIS PROJECT BASED LEARNING

Miftahul, Fajri and M, Nursi (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA FASE F ELEMEN UUD 1945 BERBASIS PROJECT BASED LEARNING. Diploma thesis, Univesitas Bung Hatta.

[img] Text
FORMULIR I MIFTAHUL FAJRI (1) (1) (1) (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (162kB)
[img] Text
FORMULIR I MIFTAHUL FAJRI (1) (1) (1) (1).pdf

Download (725kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Ajar Pendidikan Pancasila Fase F Elemen UUD NKRI Tahun 1945 Berbasis Project Based Learning yang memenuhi kriteria valid, Praktis dan Efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembagan atau R&D (Research and development). Dengan menggunakan desain pengembangan 3D yaitu Define, Design, dan Develop, Instrumen penelitian ini meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas (angket respon guru) dan lembar efektivitas (angket respon peserta didik). Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, hasil analisis data validasi memperoleh nilai rata-rata 0,94% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil analisis data praktikalitas yang diisi oleh guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila Fase F memperoleh nilai rata-rata 86,66 % dengan kriteria praktis. Dilihat dari hasil analisis data efektivitas modul ajar yang di terapkan berdasarkan respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata sejumlah 81,31 % dengan kriteria Efektif. Selain itu hasil belajar siswa menunjukan hasil skor N-Gain persen nilai rata-rata antara pretest dan posttest kelas eksperimen sejumlah 30 orang peserta didik sebesar 66,86% dengan kategori cukup efektif, N-Gain persen pada kelas kontrol sebesar 54,57% pada kategori kurang efektif dari 30 orang peserta didik. Dengan demikian, dilihat dari N-Gain persen pada kelas eksperimen penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Project Based Learning cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul Ajar Pendidikan Pancasila Fase F Elemen UUD NKRI Tahun 1945 berbasis Project Based Learning memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif yang dapat digunakan dalam pembelajaran di Fase F SMAN 7 Padang. Kata Kunci : Project Based Learning, Modul Ajar, Pendidikan Pancasila, Elemen UUD NKRI Tahun 1945

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:09
Last Modified: 11 Sep 2024 08:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22894

Actions (login required)

View Item View Item