PERANCANGAN PROTOTYPE AUTOMATIC TRANSFER PUMP BERBASIS INTERNET OF THINGS SEBAGAI CONTROL LEVEL PADA BAK NETRALISASI DI WATER-8 PT. IKPP PERAWANG

Rentil Alvio, Febia Zola and Mirza, Zoni (2024) PERANCANGAN PROTOTYPE AUTOMATIC TRANSFER PUMP BERBASIS INTERNET OF THINGS SEBAGAI CONTROL LEVEL PADA BAK NETRALISASI DI WATER-8 PT. IKPP PERAWANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN, SARAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
iii. FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perancangan Prototype Automatic Transfer Pump Berbasis Internet of Things Sebagai Control Level Pada Bak Netralisasi bertujuan untuk mengoperasikan pompa transfer secara otomatis dan manual secara Internet of Things yang dapat dilakukan secara jarak jauh menggunakan smartphone. Dengan menggunakan Sensor Ultrasonik tipe JSN-SR04T untuk mendeteksi level air/limbah dalam bak netralisasi dan menggunakan NodeMCU ESP8266 sebagai mikrokontroller yang dapat tersambung ke internet untuk melakukan komunikasi dengan smartphone. Pada perancangan ini, Terdapat 3 buah bak penampungan, bak tersebut sudah diberi nama masing-masing yaitu bak netralisasi yang merupakan bak acuan pada pengujian ini, kemudian bak sumber yang berfungsi untuk mengisi bak Netralisasi dan bak pengolahan limbah yang berfungsi untuk menampung air dari bak netralisasi. Tujuan dioperasikan pompa transfer baik secara otomatis maupun manual bertujuan untuk mencegah kelimpahan air/limbah yang ada di dalam bak netralisasi. Metode penelitian yang dilakukan pada Perancangan Prototype Automatic Transfer Pump Berbasis Internet of Things ini yaitu metode kuantitatif yang merupakan metode untuk mengumpulkan data perhitungan berupa angka, untuk menguji kelayakan komponen-komponen yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari perancangan ini menunjukkan semua komponen yang telah di uji tegangan operasinya masih dalam batas rentang toleransi tegangan yang tidak lebih dan tidak kurang dari 5% sehingga semua komponen dapat berfungsi dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perancangan yang telah dibuat berfungsi dengan baik, dan dapat dapat operasikan dengan otomatis maupun manual secara Internet of Thing dan dapat dimonitoring dari jarak jauh melalui aplikasi Blynk menggunakan smartphone. Waktu yang diperlukan untuk mengisi bak Netralisasi dari 0% hingga kapasitas 80% adalah 4 menit 45 detik, sedangkan untuk pengurasan bak netralisasi dari kapasitas 80% hingg 20% membutuhkan waktu 3 menit 07 detik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Teknik Elektro FTI
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:37
Last Modified: 11 Sep 2024 08:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22899

Actions (login required)

View Item View Item