Windi, Nur Habibah and Gusmaweti, Gusmaweti (2024) PENINGKATAN HASIL BALAJAR IPA SISWA MATERI SIANG DAN MALAM MELALUI MODEL SCRAMBLE DI KELAS 1 SDN 20 LURAH BARANGIN KAB. PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
i. COVER HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN ABSTRAK DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (499kB) |
|
Text
iii. FULLTEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran IPA kelas 1 SDN 20 Lurah Barangin Kab.Pasaman. Siswa menjadi jenuh dan kurang paham dengan materi pelajaran yang di berikan guru siswa enggan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah (PTK) terdapat dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 pada pembelajaran IPA menggunakan model scramble di SDN 20 Lurah Barangin Kab. Pasaman. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen observasi guru, soal tes siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan diakhiri dengan tes akhir siklus. Prosedurnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan rata rata hasil belajar siswa siklus I rata-rat sebesar 70,22 dengan ketuntasan siswa 80,95%. Pada siklus II diperoleh rata-rata 85,45 dengan ketuntasan 90,91% . kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,96%. Dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran scramble pelajaran IPA kelas 1 SDN 20 Lurah Barangin dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru dapat menerapkan model scramble pada materi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 06:28 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 06:28 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22933 |
Actions (login required)
View Item |