PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V TEMA 5 SUBTEMA 1 DI SD NEGRI 16 PAGAMBIRAN PADANG

Fajrihan, Sandra and Hendra, Hidayat and Siska, Angreni (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V TEMA 5 SUBTEMA 1 DI SD NEGRI 16 PAGAMBIRAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
57. FAJRIHAN 1610012411039 COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text
57. FAJRIHAN 1610012411039 ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
57. FAJRIHAN 1610012411039 BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
57. FAJRIHAN 1610012411039 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
57. FAJRIHAN 1610012411039 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
57. FAJRIHAN 1610012411039 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
57. FAJRIHAN 1610012411039 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
57. FAJRIHAN 1610012411039 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran pop-up book pada pembelajaran IPA kelas V tema 5 Ekosistem subtema 1 Komponen Ekosistem untuk kelas V SD Negri 16 Pagambiran Padang yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Deveopment). Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE yaitu analysis, design, dan development. Pada penelitian ini hanya sampai tahap development dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan hanya sampai validasi ke ahli materi dan media dikarenakan kondisi. Intrumen penelitian meliputi lembar validasi. Media pembelajaran pop-up book pada pembelajaran IPA divalidasi oleh 3 orang dosen yang dibagi menjadi 1 orang dosen ahli materi dan 2 orang dosen ahli media. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran pop-up book dengan menggunakan Wps Office dan Corel Draw untuk siswa kelas V SD menggunakan formula Aiken V memenuhi kriteria valid dengan nilai 0.84 dari aspek materi, 0.83 dari aspek media yang pertama dan 0,76 dari ahli media yang kedua. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up book memuhi kriteria sangat valid untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran IPA di kelas V di sekolah dasar. Kata kunci : media pembelajaran IPA, media pop-up book, penelitian pengembangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:05
Last Modified: 29 Dec 2020 02:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item View Item