PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 11 BATANG ANAI

Syovia, Suryani Zein and Gusmaweti, Gusmaweti and Rieke, Alyusfitri (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 11 BATANG ANAI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
61. SYOVIA 1510013411121 COVER.pdf

Download (188kB)
[img] Text
61. SYOVIA 1510013411121 ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
61. SYOVIA 1510013411121 BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
61. SYOVIA 1510013411121 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
61. SYOVIA 1510013411121 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
61. SYOVIA 1510013411121 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
61. SYOVIA 1510013411121 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
61. SYOVIA 1510013411121 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V SDN 11 Batang Anai . Jenis penelitian ini adalah Penelitian experimen dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 11 Batang Anai pada tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri atas 2 kelas. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang telah peneliti lakukan dikelas V A dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar pada kelas A didapatkan nilai rata-rata 77,67,sedangkan pada kelas V B yang tidak diberikan perlakuan khusus mendapatkan nilai rata-rata 58,33. Di lihat pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukan t hitung >t tabel , dengan nilai t hitung 6,19 dan nilai t 1,71 pada taraf nyata signifikan 0,975, ini berarti terdapat Pengaruh yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa menggunakan model Problem Solving , dengan hasil belajar IPA siswa yang menggunkan metode pembelajaran konvesional dalam bentuk ceramah dan Tanya jawab. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving, dengan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional di kelas V SDN 11 Batang Anai. Kata Kunci : Model Problem solving , Hasil Belajar, IPA. tabel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:23
Last Modified: 29 Dec 2020 02:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2306

Actions (login required)

View Item View Item