PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA TEMA 5 EKOSISTEM DI SDN 50 KURANJI

Cintia, Salmanda and Gusmaweti, Gusmaweti and Ira, Rahmayuni Jusar (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA TEMA 5 EKOSISTEM DI SDN 50 KURANJI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
62. CINTIA 1510013411051 Cover.pdf

Download (28kB)
[img] Text
62. CINTIA 1510013411051 Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
62. CINTIA 1510013411051 BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
62. CINTIA 1510013411051 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
62. CINTIA 1510013411051 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
62. CINTIA 1510013411051 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
62. CINTIA 1510013411051 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
62. CINTIA 1510013411051 Daftar Pustak.pdf

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 50 Kuranji. Jenis penelitian ini adalah Penelitian ekperimen, dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 50 Kuranji yang terdiri dari 3 kelas . Pengambilan Sampel menggunakan purposive sampling, diambil sampel 2 kelas pertama 19 orang dan kelas kedua 20 orang. Sebanyak 39 siswa dipilih sebagai sampel, untuk menentukan kelas eksperimen dan dan kelas kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 86,57, dan pada kelas kontrol 77,25. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan t hitung >t tabel , dengan nilai t hitung 2,491 dan nilai t 1,686, dengan demikian hopotesis yang diperoleh dalam penelitian ini diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan pembelajaran Everyone Is a Teacher Here dengan hasil belajar IPA dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SDN 50 Kuranji. Dari hasil penelitian ini diharapkan pembelajaran Everyone Is a Teacher Here bisa menjadi salah satu variasi model pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Everyone Is a Teacher Here , Hasil Belajar, IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:28
Last Modified: 29 Dec 2020 02:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2307

Actions (login required)

View Item View Item