PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Rahmi, Oktarini and Wince, Hendri and Darwianis, Darwianis (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
65. RAHMI 1610013411110 COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
65. RAHMI 1610013411110 ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
65. RAHMI 1610013411110 BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
65. RAHMI 1610013411110 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
65. RAHMI 1610013411110 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
65. RAHMI 1610013411110 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
65. RAHMI 1610013411110 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] Text
65. RAHMI 1610013411110 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran puzzle dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD materi siklus mahkluk hidup untuk kelas IV Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Media pembelajaran IPA ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap adalah 3-D yaitu (Define, Design, dan Develop). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi produk yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan hanya sampai validitas ke dosen dikarenakan kondisi pandemi covid 19. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi. Media pembelajaran puzzle pada pembelajaran IPA divalidasi oleh 2 orang dosen yang dibagi menjadi 1 orang dosen ahli media dan 1 orang ahli materi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, validasi media dari aspek materi IPA memperoleh nilai 81,25% dengan kategori valid, dan dari validasi media mendapatkan nilai 85% dengan kategori valid. Dari kedua validasi tersebut didapatkan rata- rata 83% dengan kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA model Kooperatif tipe STAD pada materi siklus makhluk hidup yang dihasilkan sudah valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. Dengan adanya media ini diharapkan peserta didik dapat berfikir kritis dalam memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan.. Kata kunci: media, model pembelajaran kooperatif, STAD, puzzle

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:52
Last Modified: 29 Dec 2020 02:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2311

Actions (login required)

View Item View Item